BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 15 Mei 2010

pengorbanan

Bila kita mengerti bahwa pengorbanan adalah untuk keuntungan kita juga,dan apabila kita mengerti bahwa yang kita berikan sebagai korban adalah hak mereka yang menerima,dan bila kita percaya bahwa janji itu benar -maka sebuah pengorbanan sama sekali bukan sebuah pengorbanan,tetapi sebagai sebuah tindak kasih sayang,sebuah kecintaan bagi jiwa-jiwa besar

..................

Seringkali kita menuntut seseorang untuk memenuhi permintaan kita sebagai prasyarat untuk memberikan permintaannya, walau terkadang kita menyadari bila orang tersebut berada dalam posisi yang seimbang atau bahkan kurang dari kita. Tidak jarang pula kita sampai hati untuk mengucapkan kalimat : “kalau kamu sudah berubah, baru saya akan berubah”, atau kalimat lain yang setara dengannya.

Keadaan ini akan berputar tanpa akhir, hingga salah seorang diantaranya dapat mengerti arti “pengorbanan”.Sungguh merupakan suatu anugerah bila kita diberikan sesuatu yang sangat kita butuhkan. Walau terkadang sesuatu yang diterima tersebut, ternyata juga merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh orang yang memberi.Apakah kita akan merasa bahagia ketika menerima pemberian ini ?Pada awalnya saya menjawab dengan keyakinan tinggi bahwa yang menerima tentu akan merasa bahagia. Namun semakin saya renungkan keyakinan tersebut semakin memudar.Dalam perenungan saya, tergambar ada dua orang kakak beradik yang kekurangan, berjuang untuk mendapatkan makanan yang sangat berguna untuk mengusir kelelahan dan kelaparan yang senantiasa menghampiri.Tidak jarang dua kakak beradik ini menambatkan harapannya kepada orang-orang yang lebih beruntung, untuk mengetuk nurani agar dapat mendapatkan sisa dari yang telah selesai dinikmatinya. Namun tidak jarang juga, harapan ini berakhir dengan keserahan.

Saya membayangkan pada suatu waktu, sang kakak yang telah menahan lapar seharian, mendapatkan sepotong roti yang masih segar. Namun sang adik tidak mendapatkan apa pun untuk dimakannya pada malam yang telah larut itu.Bila ia memakan roti tersebut, maka adiknya akan tidur dalam keadaan menahan lapar yang menggerus dalam dinginnya malam.Sang kakak yang sangat mengasihi adiknya, akhirnya memberikan sepotong roti tersebut kepada adiknya untuk dimakan.

Cinta itu jujur, sederhana dan cantik.

Bila perasaan itu jujur, ia tidak membutuhkan penjelasan yang berkepanjangan

0 komentar: